Kamis, 10 Maret 2011

Contoh APLIKASI NARASI SISTEM dan FLOW OF DOCUMENT(FOD)

Berikut ini merupakan contoh Narasi Sistem beserta Flow Of Document-nya yang merupakan tugas saya pada matakuliah Sistem Informasi Akuntansi pada semester 2 yang lalu, dimana data informasi yang saya gunakan untuk menyusun Narasi Sistem, saya peroleh langsung dari PT. Masscom Graphy Suara Merdeka.
 

BERIKUT NARASI SISTEM PADA SIKLUS PRODUKSI PT. MASSCOM GRAPHY:
  • Bagian ekspedisi Suara Merdeka mengeluarkan surat order cetak rangkap 2. Surat order cetak 1 dikirimkan ke bagian percetakan Masscom Graphy, sedangkan surat order cetak 2 disimpan oleh bagian ekspedisi Suara Merdeka untuk diarsip.
  • Berdasarkan surat order cetak, bagian percetakan Masscom Graphy membuat surat permintaan bahan rangkap 2. Surat permintaan bahan 1 diserahkan ke bagian logistik, sedangkan surat permintaan bahan 2 diarsip oleh bagian percetakan Masscom Graphy bersama dengan surat order cetak.
  • Berdasarkan surat permintaan bahan, bagian logistik menyiapkan bahan baku sesuai dengan permintaan dan membuat bon bukti pengeluaran bahan. Surat permintaan bahan yang telah diterima oleh bagian logistik disimpan untuk diarsip. Kemudian Bon Bukti Pengeluaran Logistik diserahkan kepada bagian percetakan Masscom Graphy.
  • Berdasarkan Bon Bukti Pengeluaran Logistik, bagian percetakan Masscom Graphy melakukan kegiatan produksi cetak Koran dan membuat Laporan Penyerahan Produk Yang Tidak Sesuai. Laporan Penyerahan Produk Yang Tidak Sesuai dibuat rangkap 4. Laporan Penyerahan Produk Yang Tidak Sesuai 1 digunakan oleh bagian Percetakan untuk membuat Nota Penyerahan Koran/Tabloid rangkap 5, Laporan Penyerahan Produk Yang Tidak Sesuai 2, 3, dan 4 diserahkan ke Bagian Logistik, Bagian Gudang SM dan Bagian Administrasi Produksi yang masing-masing untuk diarsip.
  • Nota Penyerahan Koran/Tabloid 1digunakan untuk membuat Laporan Evaluasi Harian, Nota Penyerahan Koran/Tabloid 2 diserahkan ke bagian Ekspedisi SM untuk dilakukan pengecekan kuantitas koran dan pembuatan Laporan Pengecekan kuantitas koran, yang kemudian Laporan Pegecekan Kuantitas Koran tersebut diarsip bersamaan dengan Nota Penyerahan Koran/Tabloid2 oleh pihak Ekspedisi SM sendiri. Selanjutnya, Nota Penyerahan Koran/Tabloid 3, 4 dan 5 diserahkan ke Bagian Pembukuan SM, Bagian Administrasi Sirkulasi, dan Departemen Keuangan MG yang masing-masing untuk diarsip.
  • Laporan Evaluasi Harian yang dibuat berdasarkan Nota Penyerahan Koran/Tabloid 1 digunakan oleh Bagian Percetakan untuk membuat Laporan Evaluasi Bulanan. Kemudian, Laporan Evaluasi Harian dan Laporan Evaluasi Bulanan yang telah dibuat oleh Bagian Percetakan digunakan sebagai arsip.

BERIKUT INI FLOW OF DOCUMENT(FOD)-nya :





3 komentar:

  1. Terima ksh, ini sgt berguna, cuman kurg pnjlsn knpa bisa dismpan dismpig/ditruskn kebwh pembutnx...
    slm knl, ank udinus jga ya.? join disni jga ya http://dakobar.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah me-review tulisan saya. sebenarnya tidak dipermasalahkan penempatannya, itu cuma ukurannya yang terbatas, jadi saya taruh di bawahnya, asal simbol konektornya itu jelas, offline page atau tidak..

      Hapus
  2. hay,,boleh kenalaan gak...heehe..km skrg kul dmna..email q..dennizcooled@ymail.com

    BalasHapus